Social Icons

Selasa, 24 Desember 2013

Engineering Physisc Week 2014




Welcome to Engineering Physics Week

Engineering Physics Week merupakan event terbesar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika atau sering disebut HMTF. Acara ini diselenggarakan di Jurusan Teknik Fisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya,  yang mempunyai beberapa sub event, yaitu :
·         Engineering Physics Challenge (EPC)
·         Workshop For Roboholic (WFR)
·         Indonesian Line Tracer Competition (ILTC)
·         Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI)
EPW diselenggarakan satu tahun sekali oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika. Acara EPW ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari siswa dan siswi Sekolah Menengah  Atas (SMA) sederajat se-Indonesia.

Kegiatan EPC merupakan kompetisi olimpiade fisika dimana soal-soal yang diberikan berupa soal fisika terapan. Pembeda EPC dengan olimpiade fisika pada umumnya, adalah adanya soal aplikasi teori. Babak penyisihan dilaksanakan di SMA/MA, perguruan tinggi, atau tempat yang ditunjuk di Indonesia, khususnya di pulau Jawa, Sumatra, Bali, Madura, Kalimantan, dan Sulawesi. Babak perempat final, semifinal dan babak final dilaksanakan di kampusTeknik Fisika ITS Surabaya. Pada pelaksanaan sebelumnya, kompetisi ini telah berhasil menarik antusias pelajar sebanyak 1729 tim yang berasal dari berbagaiprovinsi se-Indonesia.Rasakan sensasi tantangan Olimpiade Fisika yang berbeda, dengan berbagai terapan keteknikan yang ada di Teknik Fisika
LKTI

Lomba Karya Tulis Ilmiah2014 merupakan kegiatan yang kegiatan utamanya mempresentasikan hasil dari karya tulis siswa SMA dan mahasiswakepada para juri  yang berasal dari dosen-dosen Teknik Fisika dimana karya tulisnya dapat diimplementasikan atau menjadi bahan penelitian.Lomba Karya Tulis Ilmiah 2014 dibagi kedalam 2 tingkat, yaitu LKTI untuk mahasiswa/i dan LKTI untuk siswa SMA/sederajat,  yaitu untuk siswa karya tulis ilmiah yang dapat diwujudkan dan untuk mahasiswa karya tulis ilmiah yang menjadi sarana penelitian.Puncak Lomba Karya Tulis Ilmiah EPW 2014 dilaksanakan di Graha ITS, Surabaya. Penilaian berdasarkan tingkat ilmu dan tingkat kreativitas dari para peserta dalam membuat karya tulis ilmiah yang dapat diwujudkan maupun yang menjadi penelitian.
ILTC

Negara Indonesia kaya akan sumber daya alam serta sumber daya manusianya. Namun, masih belum banyak yang dapat memanfaatkan kekayaan alam tersebut karena kemampuan sumber daya manusia yang terbatas.Seiring pewrkembangan jaman, dunia robotika Oleh karena itu, perlu diadakan kegiatan yang dapat menunjang manusia untuk dapat belajar mengembangkan bakat dan kemampuan yang dimilikinya demi peningkatan mutu pendidikan dan teknologi yang ada di Negara Indonesia ini.
Jurusan Teknik Fisika FTI-ITS turut serta dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Disini, teknik fisika memberikan wadah khususnya bagi para pelajar SMA/sederajat se-Indonesia untuk mengembangkan potensinya dalam bidang ilmu pengetahuan dan robotika.Kegiatan ini adalah ILTC (Indonesian Line Trecer Competition) Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan kepada para pelajar dapat dijadikan feedback dari para pelajar sehingga dapat terpacu untuk mengembangkan potensinya terutama dalam bidang robotika.Dengan pengalaman yang didapat dari kegiatan ini dapat membuat teknologi di Indonesia semakin maju dan berkembang.

 WFR

Di zaman serba modern ini, semua hal yang berhubungan pada kebutuhan hidup manusia dibuat menjadi semakin praktis, tentu saja untuk kemudahan pemenuhan manusia yang semakin kompleks.Dan saat ini manusia sudah banyak mengembangkan teknologi kearah tersebut, salah satunya robotika.Perkembangan sistem robotika kemudian memacu kreativitas manusia agar dapat menciptakan berbagai macam alat pemenuh kebutuhan dengan efektif dan efisien dengan memanfaatkan sistem otomasi tersebut.
Di negara maju yang memiliki IPTEK yang maju, robotika sangat erat dalam kehidupan sehari-hari mereka, bahkan anak diajarkan sejak usia dini. Di Indonesia sendiri teknologi robotika sudah berkembang luas dan makin banyak diminati oleh kalangan amsyarakat Indonesia. Dibidang industri pun , beraneka macam permesinan otomatis / robot telah berhasil dikembangkan, diproduksi, serta dikomersilkan oleh berbagai industri, baik industri strategis maupun industri lainnya di Indonesia. Bahkan dalam pengembangan robot terbaru saat ini, telah dikembangkan jenis robot yang memiliki kemampuan untuk mengontrol seluruh sistem operasi suatu pabrik.
Kemajuan teknologi Indonesia tidak lepas dari perkembangan mahasiswa Indonesia dalam bidang teknologi.Otomatisasi dan efisiensi yang menjadi tuntutan utama dalam pengembangan teknologi mendukung perkembangan dunia robotika. Dalam upaya memenuhi tercapainya suatu sistem otomatisasi yang bekerja secara efektif dan efisien maka diperlukan adanya suatu kegiatan kemahasiswaan yang dapat mensosialisasikan dan memberikan pengetahuan tentang konsep dasar pembuatan dan perakitan robotika, sehingga Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika-FTI-ITS bekerja sama dengan Idjo Team, tim robotika yang dimiliki oleh Jurusan
Teknik Fisika mengadakan Workshop for Roboholic (WFR) 2014 yang merupakan serangkaian dalam kegiatan Engineering Physics Week (EPW) 2014 yang diperuntukkan kepada kalangan pelajar SMA/Sederajat Se Indonesia dan Mahasiswa Teknik Fisika FTI-ITS. Dalam kegiatan WFR ini peserta mendapatkan pelatihan seputar Line Folloer Robot atau yang dikenal Line Tracer yaitu robot yang secara otomatis mengikuti lintasan. Harapannya setelah mengikuti kegiatan WFR 2014 ini peserta diharapkan dapat mengenal komponen-kompnen yang digunakan untuk membuat robot line tracer, merakit atau merancang sendiri robot Line Tracer-nya sesuai dengan kreativitas yang dimilki peserta , serta mengetahui cara mengoperasikannya.

EPC

Teknologi saat ini tidak hanya terpaku pada kemajuan  dalam bidang komputerisasi dan jaringan komunikasi saja, tetapi telah meluas pada kemajuan industri. Perkembangan teknologi tidak hanya menuntut manusia untuk mampu bereksperimen guna melahirkan teknologi baru, tetapi juga memahami dasar teori atau landasan bagaimana eksperimen itu bisa dilakukan khususnya ilmu fisika yang diterapkan dalam berbagai bidang keteknikan.
EPC (Engineering Physics Challenge) adalah sebuah kompetisi ilmiah tahunan dalam bidang fisika yang diikuti oleh peserta yang terdiri dari siswa/siswi SMA sederajat dari seluruh rayon yang ditunjuk. Adapun latar belakang diadakannya EPC 2014 adalah untuk mengubah pandangan masyarakat khususnya pelajar tentang ilmu fisika yang dinilai sangat rumit menjadi ilmu yang mudah, menyenangkan, dan menantang sebagaimana banyak aplikasi nyata yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari terutama di bidang keteknikan. Selain itu, juga untuk mengenalkan Jurusan Teknik Fisika FTIĆ¢€“ITS yang menjadi salah satu jurusan yang mendapatkan apresiasi penting khususnya dalam bidang industri. Kegiatan ini diadakan untuk melaksanakan salah satu program kerja Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika (HMTF). Oleh karena itu diselenggarakanlah "EPC 2014 tingkat Nasional untuk SMA dan sederajat."

info selengkapnya :
website : www.epweek-hmtf.com
facebook : engineering physics week 2014
twitter : @epw2014

Comments
0 Comments
Facebook Comments by facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Engineering Physics ITS

[Pasang Widget] | [tutup]